Lagu Anak Muslim

Posted on 10.50

http://www.packetofthree.com/songbook-2/
Beberapa waktu lalu, di kegiatan LDKS sekolah level SMP, rasa nasionalismeku terusik. Ms. Yetti sebagai pengampu sesi tersebut memang sengaja memutar beberapa lagu populer dan beberapa lagu nasional sebagai pembanding. Anak-anak berebut menjawab ketika lagu populer Indonesia dan dunia diputar. Dalam detik-detik pertama, bahkan musik pembukanya, mereka sudah begitu percaya diri untuk menjawab lagu-lagu itu, dan betul semua! Sedangkan ketika lagu nasional yang diperdengarkan, perlu waktu lama sebelum mereka berani menjawab, dan itu pun tak seluruhnya benar. Prihatin juga ya. Apa kabar dengan rasa nasionalisme kita?
Kejadian lain terjadi beberapa hari yang lalu. Saat itu dua dari 20 muridku di kelas satu sedang asyik menggambar. Ketika kusapa, salah satu di antaranya mengatakan bahwa yang digambarnya adalah Katy Perry. Hmm... Seru lho. Lagunya asyik, Roar gitu, lanjutnya lagi. Lalu mereka asyik bersenandung lagu terbaru dari penyanyi cantik itu. Roarr...!
Prihatin juga sih dengan kondisi lagu anak-anak saat ini. Maka dari itu aku coba meng-counter dengan mengenalkan kembali lagu-lagu lama karya komposer yang mengerti dan peduli pada dunia anak. Tapi yang satu ini sih lagu yang kupikir relatif baru. Satu lagu karya anak-anak Bimbo. Tempo hari, rasanya aku pernah punya kasetnya, tapi sekarang entah di mana. Kucari-cari sumbernya di jagat maya, tak kunjung ketemu, ya akhirnya aku bikin sendiri aja video sederhana tentang lagu ini lalu kuunggah di YouTube.

Lagu ini kuajarkan di kelas 2. Pekan kedua di bulan November ini mereka akan dites, menyanyi satu demi satu di depan kelas. Ketepatan menangkap dan menproduksi kembali nada yang dicontohkan, kelengkapan mengingat lirik lagu, dan ekspresi saat menyanyikannya akan jadi poin penilaian utama. Aku sendiri, sibuk juga mengiringi mereka menyanyi dengan gitar kesayanganku. Maaf maaf, nggak sempat mendokumentasikan sesi menyanyi ini melalui video. Mungkin di kesempatan lain ya. Untuk saat ini, selamat menikmati lagu ini. :) 

0 Response to "Lagu Anak Muslim"