Tantangan Membaca 2011

Posted on 16.24

Tantangan Membaca 2011 alias 2011 Reading Challenge. Kulihat di goodreads, dan tantangan langsung kusambut. Tahun ini, siap membaca berapa buku nih...? Tak mau muluk-muluk, aku targetkan untuk membaca 15 buku saja. 1 buku tiap bulan, plus 3 buku tambahan. Cukup, rasanya. 
Buku yang kumaksud di sini adalah buku dengan kuantitas tertentu, yang tebalnya di atas 150 halaman deh. Nah, itu kan perlu 'nafas' dan endurance yang cukup kuat ya. Soalnya sudah beberapa kali ini nih, aku nggak tuntas menyelesaikan baca buku tebal. Kadang capek mengikuti alur cerita yang kurang menarik, atau kadang kalah dengan semangat sendiri. Akhirnya tutup buku deh tanpa tahu akhir kisahnya :p Tapi untuk yang 15 buku tahun ini, tentu harus tuntas.
Kebiasaan membaca, tentu masih aku lakukan. Aku masih membaca beberapa majalah tiap bulan. Yang rutin adalah IntisariReader's Digest, dan Chic. Prevention Indonesia ternyata bagus juga. Apalagi aku sempat dapat hadiah dari majalah ini. Jadi pengen langganan lagi, selain membuka kesempatan untuk mendapatkan hadiah lainnya. (Halah... dasar pemburu hadiah :p) 
Kegiatan  membaca lainnya, aku lakukan sambil berkunjung ke beberapa blog teman-teman, baik yang berbahasa Inggris maupun Indonesia. Belajar dari gaya bertutur mereka, dan mendapatkan banyak ilmu dari isi tulisannya. Setelah banyak membaca, harapannya bisa banyak menulis juga dong. Sementara itu, targetku untuk membaca 15 buku juga harus mulai dijalani. Hm... jelang akhir Januari begini, dan aku belum menuntaskan satu buku pun! Ayo, mulai membaca!

Origami Kupu-kupu

Posted on 14.02

Belajar membuat origami kupu-kupu untuk tugas pertama murid-muridku di kelas 2 ini. Mencari-cari panduan dari internet, alhamdulillah... dapat juga. Contek tahap-tahap pembuatan origami kupu-kupu dari sini, itu yang kuberikan kepada anak-anak. Mereka suka dan bikin lagi, yang besar dan kecil.

source: http://library.thinkquest.org/
Aku sendiri, buat sedikit modifikasi dan jadi kupu-kupu yang cantik kan ya? ;) Mungkin agak rumit untuk anak-anak kelas 2. Tapi hasilnya juga lebih cantik kan...? Yuk... kita buat origami kupu-kupu. 

Siap Sekolah Lagi!!!

Posted on 16.31

Hari Senin besok, 10 Januari 2011, aktivitas semester baru akan dimulai lagi. Siap-siap, bersibuk lagi. Ketemu anak-anak kelas 2, murid-muridku yang bikin kangen. Siap-siap dengan proyek baru lagi. Ayo semuanya, kerja keras ya di tahun baru ini, semester baru, semangat baru. 

Hasil Liburanku: Happy Gift Box

Posted on 17.28

Hampir sepekan liburan, dan aku belum menghasilkan apa-apa, sebagai bukti bahwa aku betul-betul bisa lebih produktif saat liburan. Biasanya, aku selalu punya alasan sibuk karena kerjaan. Nah, saat liburan, bersamaan juga dengan momen tahun baru, aku HARUS menghasilkan sesuatu. 
Alhamdulillah, ada koneksi internet di rumah dan bisa menjelajah dunia maya, mendapatkan tautan-tautan baru ke beberapa situs yang menarik. Salah satu dari situs yang kulihat itu adalah sew, mama, sew. Ada sebuah produk kerajinan kain yang cantik, dan tampaknya mudah untuk dibuat. Mereka namai Happy Hostess Gift Box. Tidak menunggu-nunggu lagi, segera kutinggalkan layar komputer untuk menuju mesin jahit. 
Aku kumpulkan kain-kain yang memungkinkan untuk dimanfaatkan, termasuk membongkar sebuah celana panjang lama yang jarang kupakai. Langkah-langkah pembuatannya sungguh mudah. Simpelnya sih seperti di bawah ini:

  1. Potong dua helai kain dengan ukuran yang sama. Sebaiknya beda motif, supaya terlihat lebih menarik.
  2. Jahit keempat sisinya, sisakan tak berjahit sekitar 3 cm di salah satu sisi. 
  3. Balik bagian dalam ke luar (melalui bagian yang tak dijahit di langkah ke-2 tadi), hingga tiras/sambungan kain tersembunyi.
  4. Jahit tindas tepian kain dengan jarak sekitar 1 mm.
  5. Jahit pula keempat sisi kain dengan jarak 2-3 cm.
  6. Tahap terakhir, jahit setiap sudut kain hingga membentuk kotak. Dan tampilkan karyamu ;)
Saran: Lebih baik jika menggunakan lapisan kain keras di bagian dalamnya. Hasil karyaku tidak menggunakan kain keras, dan hasilnya tidak begitu memuaskan, walaupun tidak bisa dikatakan mengecewakan. Inilah jadinya.

Happy Gift Box buatanku
Setelah kupublikasikan di halaman facebook-ku, dengan menandai sew, mama, sew, ternyata karyaku pun ditandai di halaman facebook mereka, dan foto karyaku nampang di album foto mereka. Wah... jadi ingin membuat karya baru lagi... ;)

Tahun Baru Ini

Posted on 16.11

Banyak harap di tahun ini. Semoga tak hanya menjadi ucap.
Banyak mimpi di tahun ini. Semoga tak sekedar bunga tidur di malam hari.
Banyak upaya yang harus dilakukan. Ayo mulai dari sekarang.
Berharap langkah kita dimudahkan, berharap Tuhan memberi perlindungan,
petunjuk, bimbingan dan berkah-Nya. Amiin.