Friendship Bracelet

Posted on 19.49

Beberapa waktu lalu, aku kembali diminta mengisi sesi keputrian oleh anak-anak Secondary. Sesi keterampilan lagi, dan aku menyanggupi. Requestnya, mereka minta diajarkan cara membuat gelang. Hmm... gelang seperti apa ya yang cukup sederhana untuk dibuat dalam waktu kurang dari satu jam, tidak perlu banyak bahan untuk membuatnya (berarti bukan sekedar meronce manik-manik yaa), tapi cukup menarik untuk mereka. 
Browsing-lah sedikit, dan kutemukan banyak sumber di dunia maya tentang friendship bracelet ini. Siap-siap deh untuk mengajarkan pembuatan gelang ini. Aku sendiri mencoba membuatnya beberapa kali. Tidak susah, sebetulnya, karena prinsipnya adalah pengulangan simpul mati berkali-kali. Yang akrab dengan tali temali, tentu tak akan menemui kesulitan. 
Ketika sesi keputrian tiba, mengajari sekumpulan anak gadis ternyata memang tak semudah yang kupikir. Untuk mengurai benang saja, mereka minta bantuan berkali-kali. Kapan selesainya nih sesi bikin gelang ini, jika 10 menit pertama saja sudah dihabiskan hanya untuk mengurusi benang kusut?
Untuk menjalin gelang ini, aku sebetulnya hanya perlu waktu sekitar 30 menit untuk menyelesaikan satu untainya. Tapi mengajari anak-anak ini, wow... kelihatannya aku perlu sesi private satu persatu. Semua anak minta dipandul Pusinglah aku berjalan ke sana ke mari. Di akhir sesi, hanya 4-5 anak yang cukup sukses menjalin gelang ini hingga belasan simpul, tapi mereka tetap harus melanjutkan di luar sesi karena waktu yang terbatas. Mereka harus segera shalat dzuhur dan melanjutkan belajar di kelas lagi. Sementar itu, satu gelang ungu kuberikan pada Ms. Firda, sebagai tanda pertemanan dengan guru English di Secondary itu.
Aku jadi ingin gelang lain, sebuah gelang persahabatan, gelang impian. Apakah Hayano Handmade bisa mewujudkan keinginan itu? Ketika Hayano Handmade menggandeng .lell. untuk menggelar event giveaway, ahh... aku jadi ingin salah satunya, Gelang dengan liontin menara Eiffel akan jadi afirmasi positif untuk mentargetkan mengunjunginya suatu saat kelak. Sedangkan gelang dengan gantungan lambang damai itu akan selalu jadi pengingat untuk jadi agen perdamaian. Yang mana aja deh, aku siap menerima salah satunya ;)

Lagu Anak Muslim

Posted on 10.50

http://www.packetofthree.com/songbook-2/
Beberapa waktu lalu, di kegiatan LDKS sekolah level SMP, rasa nasionalismeku terusik. Ms. Yetti sebagai pengampu sesi tersebut memang sengaja memutar beberapa lagu populer dan beberapa lagu nasional sebagai pembanding. Anak-anak berebut menjawab ketika lagu populer Indonesia dan dunia diputar. Dalam detik-detik pertama, bahkan musik pembukanya, mereka sudah begitu percaya diri untuk menjawab lagu-lagu itu, dan betul semua! Sedangkan ketika lagu nasional yang diperdengarkan, perlu waktu lama sebelum mereka berani menjawab, dan itu pun tak seluruhnya benar. Prihatin juga ya. Apa kabar dengan rasa nasionalisme kita?
Kejadian lain terjadi beberapa hari yang lalu. Saat itu dua dari 20 muridku di kelas satu sedang asyik menggambar. Ketika kusapa, salah satu di antaranya mengatakan bahwa yang digambarnya adalah Katy Perry. Hmm... Seru lho. Lagunya asyik, Roar gitu, lanjutnya lagi. Lalu mereka asyik bersenandung lagu terbaru dari penyanyi cantik itu. Roarr...!
Prihatin juga sih dengan kondisi lagu anak-anak saat ini. Maka dari itu aku coba meng-counter dengan mengenalkan kembali lagu-lagu lama karya komposer yang mengerti dan peduli pada dunia anak. Tapi yang satu ini sih lagu yang kupikir relatif baru. Satu lagu karya anak-anak Bimbo. Tempo hari, rasanya aku pernah punya kasetnya, tapi sekarang entah di mana. Kucari-cari sumbernya di jagat maya, tak kunjung ketemu, ya akhirnya aku bikin sendiri aja video sederhana tentang lagu ini lalu kuunggah di YouTube.

Lagu ini kuajarkan di kelas 2. Pekan kedua di bulan November ini mereka akan dites, menyanyi satu demi satu di depan kelas. Ketepatan menangkap dan menproduksi kembali nada yang dicontohkan, kelengkapan mengingat lirik lagu, dan ekspresi saat menyanyikannya akan jadi poin penilaian utama. Aku sendiri, sibuk juga mengiringi mereka menyanyi dengan gitar kesayanganku. Maaf maaf, nggak sempat mendokumentasikan sesi menyanyi ini melalui video. Mungkin di kesempatan lain ya. Untuk saat ini, selamat menikmati lagu ini. :) 

Siapkan Tanggalan Untuk Tahun Depan

Posted on 23.18

Alhamdulillah, sudah bulan November aja nih. Tinggal menghitung hari ke tahun baru Masehi. Waktu betul-betul melesat cepat. Sementara itu, aku rasanya belum banyak 'menorehkan sejarah' di tahun 2013 ini, sedangkan sebentar lagi tahun sudah berganti. 
Psst, masih ada waktu untuk menggores tinta emas di tahun ini. Berpikir optimis saja yuk, bahwa masih tersisa lebih dari sebulan di tahun ini untuk selalu melakukan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik juga. Tandai hari-hari pada tanggalan untuk memastikan tanggal-tanggal istimewa tak terlewat. fyi, di bulan November dan Desember nanti, ada lebih dari 6 orang teman dan kerabat yang berulang tahun (termasuk aku. ;)). Sedangkan di bulan Januari yang sudah menanti, berentet juga jadwal event ilang tahun dari kawan dan murid-muridku. Jadi merasa perlu segera punya kalender tahun depan.
Hmm... berharap GoodThinks mau ngasih satu kalender buatku, mumpung lagi ngadain event GiveAway kan ya...? Menarik banget nih hadiahnya. Kalender kain ala Jepang. Biarpun nggak bisa ditulisin, tapi buat reminder tanggal-tanggal penting, tetap bisa dong... Well, kalaupun meleset nggak dapat kalender unyu ini, masih boleh dong ngarep dapat hadiah lain berupa 1 majalah craft edisi summer 2018 yang dilengkapi dengan KIT DIYnya. Waah... ini juga hadiah seru. Aku sih dapat yang mana aja, akan kuterima dengan senang hati. Mariii...!