Polling Device di Kelas

Posted on 14.23

Akhir-akhir ini pelajaran Matematika jadi pelajaran favorit. Selain karena materinya jadi terasa semakin mudah setelah disampaikan dan dilatih berkali-kali, juga karena disampaikan dengan cara yang menarik dan variatif. Ms. Pury, guru matematika di sekolah kami, memanfaatkan teknologi untuk menarik minat murid-murid kami agar makin menyukai matematika. Salah satu program berbasis teknologi yang digunakan oleh ms. Pury adalah Polling Device. Sederhananya sih semacam alat survey elektronik. Data diinput, dan hasilnya bisa langsung nampak sesaat kemudian.
Polling device bisa digunakan di ruang ajar interaktf (Interactive Teaching Room) atau kelas. Persiapannya memang cukup makan waktu, sedangkan eksekusinya hanya beberapa menit saja. Tapi ketika anak-anak tampak bersemangat belajar karenanya, susah payah saat membuatnya seolah terbayar. Lunas. 
Halaman editing Ars2007-sampel soal science kelas 2.
Untuk menggunakannya, ms. Pury menggunakan program ARS2007 yang sudah di-install di komputernya (sebetulnya, di komputer kami juga ada, tinggal mengoptimalkan penggunaannya saja). Soal dan kunci jawaban dibuat dalam file tersendiri. Semua materi soal dibuat dalam bentuk pilihan ganda. Biasanya ms. Pury membuat 10-20 soal untuk satu sesi. Setelah disimpan dalam folder, file tersebut siap digunakan sewaktu-waktu.
Pada saat digunakan, ms. Pury membawa proyektor in-focus ke kelas atau membawa anak-anak ke IT Room. Wah, belum apa-apa mereka sudah senang luar biasa, padahal mau diberi latihan soal. ;) Setelah layar in-focus siap. setiap anak bisa mengambil remote yang akan digunakan untuk memasukkan data jawaban mereka. Cek ketersediaan/kekuatan baterai remote sebelum digunakan. Setelah semua siap, mulailah soal pertama ditayangkan di layar. 
Beradu cepat menekan tombol remote, menjawab soal.
Dalam rentang waktu yang relatif pendek, anak-anak harus membaca dan menjawab soal yang terpampang di layar dengan memijit salah satu tombol pada remote yang mereka pegang. Maaf-maaf, jawaban tak bisa diralat, dan hasilnya bisa langsung diketahui saat itu juga. Siapa-siapa yang tepat menjawab soal ataupun salah, hasilnya langsung terpampang di layar yang sama. Hasil akhirnya? Seperti bermain game, peringkat teratas hingga juru kunci, semua terpampang dengan jelas di depan mereka. 
Ms.Pury menjelaskan kembali materi pelajaran.
Selain itu, ms.Pury pun bisa segera membahas soal jika diperlukan, menekankan pada soal-soal yang dirasa sulit bagi anak-anak. Dengan begitu, kesalahan serupa di masa datang bisa diminimalisir. Apapun hasilnya, tetap menyenangkan untuk mereka. 

0 Response to "Polling Device di Kelas"