Gong Xi Fat Cai

Posted on 08.36

14 Februari ditakmirkan sebagai tahun baru Cina yang dirayakan dengan meriah, juga di Indonesia. Tahun baru Cina ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak masa pemerintahan Gus Dus almarhum pada saat beliau menjabat sebagai presiden RI. Hingga kini hari tersebut dirayakan dengan meriah, yang diramaikan dengan tarian naga atau liong, lampion dan kembang api. Salah satu muridku, Adlan, menggambarkan keriaan itu dengan kombinasi warna-warni meriah. Katanya, perayaan tahun baru Cina di tepi sungai. Ipin dan Upin ikut tampil, di bagian kiri bawah gambarnya. Dia senang sekali pada dua tokoh anak kecil negeri jiran itu ;)
Gambar lainnya adalah karya Mursyida, teman sekelas Adlan di kelas 2 SD. Dia menggambarkan suasana keramaian bazaar dengan berbagai makanan khas Imlek, mulai kue bulan hingga jeruk pontan.Happy menggambarkan kembali mainan naga yang kami buat di kelas. Semua anak terlihat senang saat mereka menyelesaikan mainan ini, hingga Happy menggambarkannya kembali dengan warna-warna yang kuat.
Mengenai mainan naga Liong yang kami buat di kelas, konsepnya serupa membuat wayang. Idenya kuambil dari salah satu edisi buku Art Atack. Perlu beberapa pekan untuk menyelesaikan mainan naga ini. Langkah-langkah pembuatannya, akan kupaparkan di posting-an yang lain di blog ini. Insya Allah.

Posted in , , ,

0 Response to "Gong Xi Fat Cai"