Ayo nge-blog!

Posted on 18.09

Mulai bulan Januari di term 3 ini (awal semester 2), aku mengajarkan dan menganjurkan murid-muridku di kelas 3 SMP untuk nge-blog beramai-ramai. Aku sendiri mempunyai beberapa blog yang kukelola dengan cukup baik, dan yang satu ini sengaja kubuat untuk mendokumentasikan jejak mengajarku sebagai seorang guru seni.
Aku mulai 'tertular virus' blogging, sejak tahun 2007, kalau tidak salah. Blog pertamaku, batikmania.blogspot.com, jadi ajang curhat kisah-kisah keseharian. Aku sempat coba di multiply.com, juga bertajuk batikmania, tapi aku merasa sulit me-manage yang satu itu, walaupun rencananya aku khususkan untuk posting-posting bertema lingkungan. batikmania yang lainnya ada di blogdetik.com. Posting-annya lebih banyak dibuat karena ikut serta dalam berbagai lomba menulis blog, dan sempat juga memenangkan beberapa hadiah kecil dari penyelenggara (bukannya tidak mensyukuri atau menghargai, tapi kusebut hadiah kecil karena aku belum pernah mendapat grand prize untuk lomba blog yang diselenggarakan blogdetik. kapan ya...?) Satu batikmania lagi, ada di wordpress.com. Yang ini juga kubuat khusus untuk menuliskan track record-ku sebagai guru seni, tapi semua postingnya kutulis dalam bahasa Inggris. Kali ini, aku buat satu lagi blog serupa dalam bahasa Indonesia.
Setelah merajalela di dunia blog, aku ingin juga 'menularkan' ide nge-blog itu kepada murid-muridku. Sebagai pendahuluan, anak-anak SMP kelas 3 yang "jadi korbannya". Mereka harus membuat posting tertentu yang hasilnya akan kuberi penilaian untuk dimasukkan ke dalam rapor. Untuk langkah awal, ayo kita buat blog baru...!

Posted in , , , ,

0 Response to "Ayo nge-blog!"